[TUTORIAL] How To Make Simple Dark Cover // Membuat Cover Fanfiction

Pada kesempatan ini gue akan menuliskan bagaimana caranya membuat cover yang mudah dengan menggunakan photoshop. Sebenarnya gue tidak terlalu jago dalam membuat cover, tapi karena akhir-akhir ini lagi hobi banget untuk membuat cover, dan hasilnya.. ya lumayanlah! Yaudah langsung aja, check this out!

Stock:
Texture 1
Texture 2

Note: Jika kalian ingin membuat poster yang tidak bertemakan musik, kalian bisa pakai tekstur bebas. Kalo mau cari, searching aja di google "Texture Fanfiction"
1. Langkah pertama, yang pasti buka aplikasi photoshop kalian. Seterah mau versi berapa pun, tapi kali ini aku pakai Photoshop CS3

2. Langkah kedua, tekan CTRL+N. Lalu set canvas dengan ukuran seperti ini (kalian bebas menggunakan ukuran lain terserah kalian) [note: resolutionnya lebih baik diganti jadi 300 untuk hasil yang maksimal]

3. Langkah ketiga, klik File > Open. Buka semua tekstur atau objek yang akan kalian taruh di poster itu. Setelah itu drag semua foto ke canvas putih itu.

4. Langkah keempat, hilangkan gambar mata pada layer 2, layer 3, dan layer 4. Lalu tekan CTRL+T pada layer 1, lalu samakan lebar layer 1 dengan canvas putih itu.

5. Langkah kelima, tekan kotak kecil disamping layer 3 dan layer 4, untuk memunculkan gambarnya kembali. Setelah itu hapus bagian yang tidak butuhkan dengan Eraser Tool. Dan atur posisinya seperti dibawah ini.

6. Langkah keenam, klik juga kotak kecil disamping layer 2. Lalu atur posisinya dengan menekan CTRL+T. Lalu hapus bagian bawah layer 2 sedikit saja untuk menghilangkan garis foto tersebut.

7. Langkah ketujuh, buat layer baru. Lalu gunakan Brush Tool dengan warna hitam dibawah layer 4 dan layer 3.

8. Langkah kedelapan, klik Layer > New Adjustment Layer > Black & White > OK.

9. Langkah kesembilan, beri judul poster tersebut dengan menggunakan font Big Noodle Titling (bisa di download di dafont.com , dan juga kalau mau menggunakan font lain bisa juga download di tempat tersebut). Lalu untuk mempercantik beri sedikit kata-kata ditempat yang kosong. Dan juga kalau ingin bisa dikasih watermark dengan font barcode.

10. Dan... selesai! Hasil akhirnya akan seperti dibawah ini.

Sebenarnya untuk membuat sebuah poster yang bagus tidak diperlukan sebuah cara, tapi yang sangat diperlukan adalah sebuah kreatifitas! :) Gimana? Tertarik untuk mencoba?

Sekian tutorial dari gue hari ini dan maaf kalo tutorial ini kurang jelas untuk kalian :"
Karena saat ini gue juga masih belajar sama seperti kalian :v

Poster buatan gue lainnya: (kalo mau tau tutorial pembuatan poster-poster dibawah ini komentar ya! nanti akan gue post di blog)

Btw cover dibawah gue buat sekitar tahun 2017/2018 jadi wajar kalau lebih bagusan dari cover diatas wkwk~


 Dan.. masih banyak lagi! :)
loading...

1 comment: